Tips Menghilangkan Bau Ketiak Alami

menghilangkan bau ketiak alami

Ada cara menghilangkan bau ketiak alami yang dapat Anda gunakan jika memiliki masalah bau ketiak. Ketiak merupakan bagian tubuh yang memiliki banyak folikel rambut. Bagian ini biasanya mengeluarkan keringat lebih banyak dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Selain itu, kandungan keringat yang dikeluarkan ketiak juga biasanya jauh lebih berat sehingga bau akibat keringat yang bercampur dengan bakteri lebih menyengat.

Bau ketiak dapat terjadi ketika keringat bercampur dengan bakteri. Bakteri akan berkembang biak dan menyebabkan zat yang menyebabkan bau ketiak. Selain ketiak, bagian tubuh yang mengeluarkan keringat lebih banyak adalah rambut kepala dan selangkangan. Itulah mengapa ketiga bagian tersebut sering menimbulkan bau yang menyengat terutama ketika berkeringat. Salah satu solusi untuk menghilangkan bau ketiak alami adalah dengan mandi secara teratur.

>>> Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Apakah Keringat Berbau?

Sebagian orang mengira jika bau badan atau bau ketiak disebabkan oleh keringat yang memang berbau. Padahal keringat ini sebenarnya tidak berbau. Kandungan garam dalam keringat membuat kita merasa lengket dan tidak nyaman ketika berkeringat. Bagaimanapun berkeringat merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan toksin maupun zat sisa metabolisme tubuh yang tidak dapat dikeluarkan lewat kotoran. Namun, perlu diingat bahwa keringat juga bisa bau jika Anda mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar keringat dan mengandung zat yang tidak dapat dipecah oleh tubuh. saat ini akan ditimbun dan akan dikeluarkan melalui keringat.

Orang yang berkeringat mengalami bau badan, kenapa?

Penyebabnya adalah bakteri-bakteri yang ada di sekitar permukaan kulit. Bakteri ini akan memakan keringat dan melepaskan bau yang kita kenal dengan bau badan. Istilah lain dari bau badan ini adalah bromhidrosis. Ketiak merupakan bagian tubuh yang paling sering menyebabkan bau badan. Hal ini karena kondisi ketiak yang memiliki suhu hangat dan mudah lembab. Apalagi ketika tubuh Anda berkeringat. Tempat yang paling disukai bakteri sebagai tempat berkembang biak adalah bagian kulit yang lembab.

Apa Saja Bakteri Penyebab Bau Ketiak?

Bakteri yang menyebabkan bau ketika terbagi menjadi dua yaitu bakteri corynebacteria dan staphylococci. Corynebacteria merupakan jenis bakteri yang menyebabkan bau di ketiak, sedangkan jenis bakteri yang satu lagi tidak menyebabkan bau. Bakteri inilah yang tersebar di kulit tubuh kita. bakteri ini paling suka tempat yang lembab. Ketika tubuh kita berkeringat, bagian ketiak, kepala, maupun selangkangan merupakan bagian yang paling sering mengeluarkan banyak keringat. kelenjar keringat pada ketiga bagian ini memang lebih banyak memproduksi keringat.

Selain bakteri, bau ketiak juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari kebiasaan yang tidak baik hingga tanda penyakit berbahaya. Ketika Anda mengalami berkeringat yang jumlahnya lebih banyak dan bau ketiak yang menyengat, biasa jadi itu adalah akibat mengidap penyakit tertentu. Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan produksi keringat meningkat adalah diabetes. Penderita diabetes, organ tubuhnya tidak dapat berfungsi secara sempurna. Pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, dan mengalami gangguan psikologis merupakan penyebab lain yang dapat memicu adanya bau ketiak. Bau ketiak terjadi ketika keringat yang banyak bertemu dengan bakteri.

menghilangkan bau ketiak alami

Menghindari Penyebab Bau Ketiak

Untuk menghilangkan bau ketiak alami, sebaiknya kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan menghindari penyebabnya, maka gangguan bau ketiak tidak perlu kita alami. Lalu, apa saja penyebab bau ketiak? Simak penjelasannya di bawah ini:

Terlalu Sering Merokok dan Mengonsumsi Alkohol


Merokok dan minum minuman beralkohol merupakan aktivitas yang tidak baik untuk kesehatan. Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok dapat mengendap dan menghambat aliran darah dalam tubuh. Hal ini menyebabkan fungsi organ dalam tubuh menjadi terganggu. Asap rokoknya juga menyebabkan bau yang tidak sedap yang dapat menempel di pakaian. Jika bau asap rokok bercampur dengan bau badan, tentu baunya akan sangat tidak sedap. Begitu juga dengan bua alkohol yang menyengat serta berbahaya bagi tubuh. Kedua hal tersebut membuat keringat yang dikeluarkan dari tubuh berbau. Menghilangkan bau ketiak alami yang disebabkan oleh keduanya artinya Anda harus berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol.


Mengidap Penyakit Tertentu


Penyebab bau ketiak berikutnya adalah mengidap penyakit tertentu, contohnya telah dijelaskan di atas yaitu penyakit diabetes. Untuk menghindari berbagai penyakit, maka Anda harus menjaga pola hidup sehat. Membiasakan pola hidup yang sehat juga termasuk cara menghilangkan bau ketiak alami.
Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Makanan yang berbau menyengat juga dapat menyebabkan bau ketiak, untuk itu berhati-hatilah dalam mengonsumsi makanan. Hindari makanan yang memiliki bau menyengat seperti bawang-bawangan, fast food, maupun rempah-rempah.

Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih cenderung lebih mudah berkeringat, hal ini menyebabkan ia lebih mudah mengalami bau ketiak. Cara menghilangkan bau ketiak alami akibat obesitas dapat dilakukan dengan melakukan diet dan olahraga secara teratur untuk mengurangi berat badan.

Penyebab lainnya yang juga berpengaruh terhadap bau ketika adalah gangguan psikologis atau stress. Seseorang yang stress akan lebih banyak mengeluarkan keringat dan akhirnya mengalami bau ketiak. Cara terbaik untuk menghilangkan bau ketiak alami adalah dengan mengatasi penyebab bau ketiak. Untuk Anda yang belum mengalami bau ketiak, sebaiknya perbaiki pola hidup Anda agar lebih sehat.

menghilangkan bau ketiak alami

Cara Alami Agar Bau Ketiak Hilang

Selain menghindari penyebabnya, cara menghilangkan bau ketiak alami adalah dengan mengikuti tips berikut ini:

• Perhatikan makanan yang Anda konsumsi
Hindari mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan bau ketiak menyengat. Mengomsumsi bawang-bawangan, rempah-rempah, serta makanan cepat saji dapat menyebabkan keringat menjadi lebih bau.

• Mandi secara teratur
Mandi secara teratur dapat membantu Anda menghilangkan bau ketiak alami. Minimal mandi dua kali sehari untuk mencegah bakteri bercampur dengan keringat lebih lama dan menyebabkan bau badan.

• Ganti pakaian secara teratur Jarang mengganti pakaian membuat keringat dan bakteri menempel pada pakaian yang akhirnya menyebabkan bau ketiak. Selain itu membilas pakaian hingga bersih juga penting. pasalnya sisa deterjen di pakaian yang bercampur dengan keringat dapat melepaskan bau yang tidak sedap.

• Memilih sabun mandi yang tepat
Cara lainnya untuk menghilangkan bau ketiak alami adalah dengan menggunakan sabun mandi yang tepat. Pilih sabun dengan bahan yang aman untuk kulit tubuh kita. menggunakan sabun yang dapat memberikan kesegaran pada tubuh juga berdampak besar untuk menghilangkan bau ketiak alami.

>>> Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Terkadang kita mengalami bau ketika karena kebiasaan kita yang tidak baik. Hilangkan kebiasaan tidak bagus seperti jarang mandi dan memiliki pola hidup yang buruk. Dengan memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat akan membuat kita lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah tubuh. Salah satunya adalah mengatasi gangguan bau ketiak atau bau badan. Untuk tips lain mengatasi masalah bau ketiak, silahkan ke Klinik Utama Sentosa. Bisa juga tanyakan pada dokter kami melalui layanan konsultasi online di 081366657878.

198290cookie-checkTips Menghilangkan Bau Ketiak Alami