Terapkan Beberapa Cara Mengatasi Ketiak Bau Berikut

cara mengatasi ketiak bau

Cara mengatasi ketiak bau perlu diterapkan dengan benar jika tidak ingin bertambah parah. Ketiak yang bau bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti masalah fisik atau pun dari luar. Keringat sebenarnya tidak berbau, namu jika susah bercampur dengan bakteri di kulit bisa menimbulkan masalah bau ketiak. Tubuh sendiri memiliki kelenjar keringat yang disebut dengan kelenjar apokrin serta kelenjar ekrin. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini.

>>> Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Penjelasan Asal Usul Bau Pada Ketiak

Jika Anda ingin mengetahui cara mengatasi ketiak bau, asal usul penyakit perlu Anda pahami terlebih dahulu. Penyebab ketiak yang bau berasal dari keringat yang telah bercampur dengan bakteri. Keringat yang ada pada manusia dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ekrin dan apokrin. Ekrin merupakan kelenjar yang terbuka di permukaan kulit. Sementara, apokrin adalah kelenjar yang ditemukan pada bagian kulit yang ditumbuhi rambuh.

Kelenjar ekrin biasanya mengeluarkan keringat yang sebagian besar berupa air dan garam. Sementara kelenjar apokrin memproduksi keringat dengan kandungan lemak, protein, dan karbohidrat. Penyebab bau badan serta ketiak yang tidak sedang adalah bakteri di permukaan kulit. Bakteri ini akan mengurai keringat yang diproduksi oleh apokrin dan mengubahnya menjadi asam. Asam ini kemudian akan menguap dan menghasilkan bau tidak sedap dari badan atau ketiak. Jenis asam yang menghasilkan bau badan dibagi mernjadi dua jenis, yaitu:

  • Asam propionat, menghasilkan bau mirip cuka dan merupakan hasil penguraian bakteri yang hanya ditemukan pada manusia remaja dan dewasa.
  • Asam isovalerik, dihasilkan oleh bakteri dan akan menyebabkan munculnya bau seperti keju.
cara mengatasi ketiak bau

Atasi Bau Pada Ketiak dengan Cara Berikut Ini

Banyak orang yang mencari berbagai cara mengatasi ketiak bau karena kerap menyebabkan kurangnya rasa percaya diri dan mengganggu hubungan sosial. Karena itu, beberapa cara mengatasi ketiak bau perlu diterapkan dengan segera yakni dengan cara berikut ini.

  • Gunakan deodoran atau antiperspirant

Deodoran mengandung aluminium yang berfungsi menutup pori-pori kulit untuk sementara. Ketika menggunakan deoboran, keringat sebenarnya tetap diproduksi, namun jumlah lebih sedikit.

  • Menjaga kebersihan tubuh

Kebersihan tubuh yang terjaga dengan baik merupakan salah satu cara mengatasi ketiak bau. Anda perlu menerapkan gaya hidup bersih, seperti mandi setiap hari secara rutin untuk membantu menghambat pertumbuhan bakteri di kulit.

  • Cukur bulu ketiak secara rutin

Mencukur bulu ketiak dan mencuci dengan sabun dan air bersih secara rutin dapat membantu mengurangi bau ketiak secara signifikan. Hal ini dikarenakan, ketiak yang sudah dicukur atau dicabut bulunya lebuh mudah untuk dibersihkan.

  • Kurangi makanan penyebab bau badan

Beberapa jenis makanan dan minuman bisa menyebabkan aroma keringat menjadi tidak sedap. Makanan yang perlu dihindari adalah bawang-bawagan, brokoli, serta daging merah. Anda juga perlu mengurangi minuman berkafein serta alkohol.

>>> Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Konsultasikan Bersama Dokter di Klinik Utama Sentosa

Cara mengatasi ketiak bau dapat Anda ketahui dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, penyakit akan ditangani langsung oleh dokter berpengalaman serta berkompeten dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.

Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Sebelum melakukan penanganan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu secara online dan gratis. Konsultasi ini sangat berguna bagi pasien karena dapat mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

209140cookie-checkTerapkan Beberapa Cara Mengatasi Ketiak Bau Berikut