Penanganan Ketiak Bau Paling Tepat

Penanganan ketiak bau bisa dilakukan dengan mudah jika mengetahui penyebab utamanya. Penyebab ketiak bau terjadi akibat pelepasan kimiawi dari kulit ketiak sehingga menyebabkan keluarnya zat amonia. Zat ammonia adalah salah satu zat berbau busuk yang serupa dengan zat dalam urin manusia. Bau ketiak yang berlebih akan sangat mengganggu aktivitas serta mengakibatkan berkurangnya kepercayaan diri. Penyebab ketiak bau biasanya karena bertemunya kelenjar keringat dengan bakteri tertentu.

Apa Penyebab Utama dari Bau Ketiak?

Penyebab ketiak bau biasanya diakibatkan karena produksi berlebih kelenjar keringat pada daerah tersebut. Adanya bau tidak sedap pada bagian ketiak terjadi karena pernapasan tubuh tidak berjalan dengan normal. Napas tubuh umumnya dilakukan oleh pori-pori kulit sehingga jika terjadi penyumbatan dan bertemu dengan bakteri, maka munculnya bau busuk.

Bakteri yang berperan penting dalam pembentukan bau badan adalah anaerobik. Ketika tubuh melakukan banyak aktivitas, nafas tubuh yang terhalang keluar ini akan bercampur dengan bakteri tersebut. Karena itu,semakin banyak tubuh melakukan aktivitas maka bau tidak sedap makin sulit untuk dikendalikan. Selain aktivitas berlebih, penyebab ketiak bau lainnya yang perlu Andaketahui, adalah sebagai berikut:

  • Memiliki berat badan berlebih

Orang dengan berat badan yang berlebih akan berisiko tinggi mengalami bau ketiak. Penyebab ketiak bau akibat kondisi ini adalah dikarenakan banyaknya pori-pori tersembunyi pada lekukan atau lipatan tubuhnya.Bakteri dapat berkembang pesat dan menimbulkan bau tidak sedap, baik dari bagian ketiak, kaki, bahkan seluruh tubuh.

  • Sering mengonsumsi kafein

Mengonsumsi minuman yang banyak mengandung kafein akan merangsang system saraf pusat dan mengaktifkan kelenjar keringat. Karena itu, terlalu sering mengonsumsi minuman yang berkafein dapat menyebabkan bau ketiak karena produksi keringat menjadi lebih banyak dari biasanya.

  • Pengeluaran toksin terhambat

Pada dasarnya tubuh manusia menyimpan sebuah racun yang disebut dengan toksin. Ketika tubuh yang tidak bisa mengatur pengeluaran toksin, maka racun akan berkumpul dan menyumbat saluran hati serta usus besar. Hal ini dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan bau tidak sedap, terutama bagian ketiak.

  • Akibat faktor pakaian

Salah satu penyebab ketiak bau adalah pemakaian baju yang salah.Mengenakan pakaian yang terbuat dari kain sintesis dapat menyebabkan keringat menguap sehingga memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak.Untuk menghindari bau ketiak, gunakan baju yang nyaman dan mudah menyerap keringat terutama saat berolahraga.

Bagaimana Penanganan yang Dapat Dilakukan?

Penanganan ketiak bau, baik pada anak-anak maupun orang dewasa bisa dilakukan dengan metode yang mudah dan praktis. Namun, metode ini harus diterapkan secara rutin guna mendapatkan kesembuhan yang maksimal. Beberapa cara untuk menangani masalah bau tidak sedap pada ketiak, antara lain:

  • Rutin mandi minimal 2 kali sehari.
  • Memperbanyak konsumsi air putih.
  • Lakukan olahraga secara rutin.
  • Selalu gunakan bedak khusus ketiak.
  • Hindari faktor pemicu bau ketiak.

Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan ketiak bau dapat Anda ketahui dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, penyakit akan ditangani langsung oleh dokter berpengalaman serta berkompeten dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern.

Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Sebelum melakukan penanganan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu secara online dan gratis. Konsultasi ini sangat berguna bagi pasien karena dapat mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

68340cookie-checkPenanganan Ketiak Bau Paling Tepat