Mengatasi Akibat Bau Ketiak yang Menyengat

akibat bau ketiak

Kurang percaya diri, benar! Itulah salah satu hal yang dirasakan akibat bau ketiak. Bau ketiak saat berkeringat merupakan hal yang wajar, namun hal itu dapat mengganggu rasa percaya diri. Apalagi jika aktivitas Anda menuntut untuk bertemu dengan banyak orang setiap hari. Tentunya orang disamping kita akan mencium bau ketiak yang tidak sedap.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Orang yang ada di sekitar kita jadi enggan berada di dekat kita akibat bau ketiak. Bau ketiak ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah karena bakteri. Ketiak merupakan bagian tubuh yang paling mudah berkeringat. Hal ini dapat memicu bakteri maupun jamur berkembang biak dengan mudah. Keringat yang bercampur dengan bakteri akan menyebabkan bau ketiak. Bukan berarti Anda harus menghindari aktivitas berkeringat, pasalnya bau ketiak yang menyengat tidak selalu disebabkan oleh keringat dan bakteri saja. Makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh yang dapat berpengaruh terhadap bau ketiak.

akibat bau ketiak

Penyebab Ketiak Bau Menyengat

Akibat bau ketiak yang Anda alami, terkadang disebabkan oleh hal yang tidak terduga. Berikut ini ada beberapa hal penyebab bau ketiak yang mungkin tidak pernah Anda sangka. Bahkan salah satunya merupakan kebiasaan yang tidak Anda sadari dampaknya.

Suka makan makanan mengandung rempah

Makanan yang kita makan merupakan salah satu hal yang menentukan bau badan, bau mulut bahkan hingga akibat bau ketiak. Selain memberikan nutrisi dan sumber energi, beberapa makanan juga memiliki pengaruh terhadap bau badan. Salah satu makanan yang dapat menyebabkan bau ketika jika dikonsumsi dalam jumlah banyak adalah bawang putih, bawang merah, dan kari yang mengandung banyak bahan rempah-rempah. Tentu saja tidak ada salahnya memakan makanan tersebut, apalagi bawang-bawangan memang hal yang setiap hari kita makanan. Yang terpenting adalah porsinya. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan bau badan terutama di bagian ketiak.

Sering menahan buang air

Baik itu buang air kecil dan buang air besar merupakan aktivitas untuk membuat kotoran dari dalam tubuh. Jika zat sisa metabolisme tersebut dibiarkan menumpuk di dalam tubuh dan tidak segera dikeluarkan, maka ia akan dikeluarkan melalui keringat. Penumpukan amonia dengan konsentrasi tinggi yang dikeluarkan melalui keringat akan memicu adanya bau ketiak.

Kurangnya menjaga kebersihan pakaian

Pakaian terutama pakaian dalam seperti bra dan celana dalam merupakan pakaian yang paling cepat terkena keringat. Ketika pakaian dipakai berkali kali tanda dicuci, maka tubuh akan mengalami bau badan, terutama ketiak yang merupakan bagian tubuh paling sering mengeluarkan keringat.

Konsumsi obat obatan

Beberapa obat memiliki efek berkeringat ketika dikonsumsi. Jika mengonsumsi obat tertentu yang dapat meningkatkan produksi keringat berlebih, maka hal ini akan menyebabkan akibat bau ketiak.

Deterjen

Penyebab bau ketika lainnya yaitu deterjen yang kita pakai untuk mencuci pakaian. Deterjen mengandung sejumlah senyawa kimia yang jika menumpuk di pakaian, maka akan menyebabkan bau tidak sedap jika terkena keringat. Untuk itu, saat membilas pakaian yang dicuci dengan menggunakan deterjen haruslah sampai bersih.

Penyebab bau ketika tersebut merupakan kebiasaan yang sering kita lakukan. Tanpa kita sadari kebiasaan yang kurang bagus tersebut juga dapat menjadi penyebab terjadinya bau ketiak yang menyengat. Selain kebiasaan yang banyak orang tidak menyadarinya, bau ketiak yang menyengat dapat disebabkan oleh hal berikut ini:

Infeksi

Kulit kita dapat mengalami infeksi dan menyebabkan bau ketiak. Infeksi akibat bakteri yang terjadi pada kulit ini menghasilkan keringat yang berurea. Keringat ini yang dapat menyebabkan bau sedap tidak muncul pada badan maupun ketiak. Infeksi bakteri pada kulit harus segera diatasi, atau Anda akan terus menerus mengalami bau ketiak menyengat.

Penyakit

Penyebab lain bau ketiak yaitu adanya penyakit yang menyerang tubuh kita. Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan bau ketiak adalah penyakit diabetes. Penderita diabetes akan mengalami kesulitan dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Akibatnya, tubuh akan menggunakan lemak sebagai bahan pengganti. Pada proses penggantian bahan bakar dengan lemak ini dapat menyebabkan senyawa yang dapat menyebabkan bau badan. Selain penyakit diabetes, penyakit gagal ginjal, liver, maupun memiliki kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan bau ketiak menyengat. Akibat bau ketiak yang menyengat adalah tubuh terasa tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri terutama ketika berada di tempat umum.

Gangguan metabolisme

Ketika tubuh mengalami gangguan metabolisme atau trimethylaminuria, maka tubuh akan kesulitan untuk memecahkan hormon trimetilamina yang terdapat pada beberapa makanan tertentu. Hormon yang tidak dapat dipecahkan ini akan dikeluarkan melalui keringat, napas, maupun urin. Jadi, penyebab yang satu ini tidak hanya menyebabkan bau ketiak saja, namun bisa juga menyebabkan bau mulut.

Untuk mengatasi masalah bau ketiak ini, sebaiknya gunakan obat yang tepat. Mengetahui penyebabnya dan menghindari penyebab tersebut dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah bau ketiak. Selain dengan menghindari berbagai hal yang dapat menjadi pemicu bau ketiak, menggunakan cara pengobatan yang tepat untuk penyebabnya juga hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan akibat bau ketiak. Untuk mengatasi bau ketiak, simak caranya di bawah ini.

akibat bau ketiak

Mengatasi Masalah Bau Ketiak

Untuk mengatasi masalah bau ketika dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara mulai dari cara alami hingga cara medis. Jika ingin menggunakan cara mengatasi akibat bau ketiak secara alami, maka Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan seperti berikut:

• Bunga rosemary.
• Baking soda.
• Daun jambu biji.
• Cuka apel.
• Daun sirih.
• Daun kemangi.
• Temulawak.
• Jahe.
• Cengkeh.

Dan masih banyak lagi bahan lainnya. Anda dapat membuat ramuan sendiri dengan bahan-bahan tersebut. Namun akan memakan usaha dan waktu yang lebih jika Anda menggunakan cara alami ini. Dan tetap saja Anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab dari akibat bau ketiak yang Anda alami. Jika penyebabnya adalah penyakit, maka Anda butuh dari sekedar ramuan tradisional. Langkah yang perlu Anda ambil jika ingin mengatasi penyebab bau ketiak, maka ikuti langkah berikut. Pertama, lakukan konsultasi dengan dokter di klinik terpercaya untuk menyampaikan masalah yang Anda alami. Jika diperlukan, maka jalani pemeriksaan fisik dan lanjutan untuk mengetahui penyebab bau ketiak. Setelah melakukan pemeriksaan untuk diagnosis bau ketiak, maka dokter akan memberikan obat yang tepat untuk mengatasinya akibat bau ketiak yang muncul. Sembari melakukan pengobatan dengan resep dokter, Anda sebaiknya juga membiasakan hal-hal yang dapat mencegah bau ketiak.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Misalnya saja seperti membersihkan badan dengan teratur. Menggunakan sabun atau produk mandi yang tepat juga dapat mengurangi risiko bau ketiak. Menggunakan deodorant merupakan salah satu cara yang paling mudah, namun bau ketiak yang menyengat tidak akan cukup hanya dengan dodoran saja. Bagaimana cara menghilangkan akibat bau ketiak? Datang saja ke Klinik Utama Sentosa. Atau hubungi dokter kami melalui layanan konsultasi online di nomor 081366657878.

196690cookie-checkMengatasi Akibat Bau Ketiak yang Menyengat