Dapatkah Menghilangkan Bau Ketiak Alami?

menghilangkan bau ketiak alami

Masalah bau ketiak dapat dialami pria dan wanita, untuk menghilangkan bau ketiak alami harus sesuai dengan penyebabnya. Bau ketika dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari hal yang ringan hingga akibat penyakit berbahaya. Apa saja cara alami yang dapat digunakan untuk mengatasi bau ketiak? Simak informasinya di bawah ini.

Ketiak merupakan bagian tubuh yang paling mudah berkeringat. Hal ini karena di bagian ketika kelenjar keringatnya merupakan kelenjar keringat apokrin. Kelenjar keringat ini merupakan kelenjar keringat yang menjadi tempat keluarnya keringat dengan kandungan yang berat. Keringat yang keluar dari kelenjar ini biasanya lebih berisiko menyebabkan bau ketiak. Selain ketiak, bagian tubuh yang ditumbuhi folikel rambut biasanya juga lebih mudah berkeringat. Kulit yang berkeringat biasanya akan lembab dan disukai bakteri karena dapat berkembang biak dengan mudah.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Bagaimana Bau Ketiak Bisa Terjadi?

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa keringat normalnya tidak berbau. Lalu, apakah yang menyebabkan bau ketiak? Jawabannya adalah bakteri. Kulit manusia memang umumnya terdapat bakteri. Bakteri yang berdiam di ketiak akan memakan keringat yang mengandung garam di ketiak. Setelah itu bakteri akan menyebabkan bau tidak sedap yang kita kenal dengan bau ketiak atau bau badan. Secara lengkap beginilah proses bau ketiak terjadi.

Sebelumnya telah disebutkan bahwa ada dua kelenjar keringat di tubuh kita. Ada kelenjar keringat ekrin dan apokrin. Kelenjar keringat ekrin tersebar di berbagai bagian tubuh. Kelenjar keringat inilah yang mengeluarkan keringat yang kandungannya ringan dan cenderung tidak menyebabkan bau. Sedangkan kelenjar keringat apokrin merupakan kelenjar yang mengeluarkan keringat dengan kandungan yang lebih berat. Keringat dari kelenjar ini berpotensi menyebabkan bau badan jika bercampur dengan bakteri yang berkembang biak. Pasalnya bakteri normalnya tumbuh di kulit kita. Ketika tubuh berkeringat, bakteri ini akan berkembang biak dan jika bercampur dengan keringat akan menyebabkan bau yang tidak sedap. Jadi, penyebab dari bau ketiak adalah karena bakteri yang bercampur keringat. Kebanyakan orang mengira bahwa penyebab bau badan atau bau ketiak adalah keringat, namun sebenarnya bukan. Dan menghilangkan bau ketiak alami perlu dilakukan dengan mengetahui penyebabnya.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Pengaruh Bau Ketiak dengan Gangguan Kesehatan

Sebenarnya, masalah menghilangkan bau ketiak alami ada kaitannya dengan gangguan produksi ketiak berlebih. Semakin banyak tubuh mengeluarkan keringat, maka risiko mengalami bau badan semakin besar. Gangguan produksi keringat berlebih biasanya dialami oleh mereka yang menderita penyakit tertentu. Contohnya saja penderita penyakit diabetes. Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang umum diderita masyarakat kita. Diabetes ini tergolong penyakit yang cukup mematikan, terlebih jika tidak ditangani dengan penanganan yang tepat dan segera.

Bau badan akibat penyakit diabetes ini disebabkan oleh kadar gula dalam tubuh yang berlebih. Akibatnya metabolisme tubuh mengalami gangguan. Salah satu dampak dari gangguan pada metabolisme tubuh ini adalah terbentuknya asam keton dan aseton. Kedua asam ini menyebabkan bau yang tidak sedap. Selain itu pemecahan senyawa dalam tumbuh tidak berjalan lancar. Zat lemak dan protein menjadi sulit untuk dipecahkan dan menyebabkan bau yang tidak sedap ketika kita berkeringat.

Perawatan secara rutin dan berkala merupakan solusi untuk menghilangkan bau ketiak alami akibat diabetes. Selain diabetes, gangguan liver yang Anda alami juga bisa jadi pemicu munculnya bau ketiak. Biasanya penderita gangguan liver atau hari dapat dilihat dari tanda yang dialami seperti bau badan dan bau mulut. Jika Anda mengalami bau mulut atau bau badan yang menyengat, sebaiknya lakukan pemeriksaan yang tepat di klinik. secara umum, proses metabolisme yang terganggu merupakan pemicu terjadinya bau badan atau bau ketiak. Jadi, untuk menghilangkan bau ketiak alami, dapat dilakukan dengan memperbaiki pola hidup Anda. Konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang serta lakukan olahraga secara rutin untuk mencegah terjadinya gangguan metabolisme tubuh. Ketika sistem pencernaan terganggu, maka hal ini dapat memicu berbagai jenis gangguan kesehatan tubuh.

Ada beberapa gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan bau ketiak selain diabetes dan gangguan hati atau liver, yaitu:

• Trimethylaminuria
Bau ketiak akibat penyakit ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memecah senyawa trimetilamin yang berasal dari hati, telur, maupun ikan di usus. Hal ini membuat keringat yang dikeluarkan oleh tubuh berbau tidak sedap.
• Hypermethioninemia
Berikutnya adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh terlalu banyak asam amino metionin di dalam tubuh kita. asam amino ini mengandung belerang dan termasuk asam amino yang langka. Jika asam ini tidak dapat diproses dengan benar dalam proses metabolisme, maka dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Makanan yang banyak mengandung asam amino jenis ini biasanya adalah makanan yang kaya akan protein seperti keju dan daging.
• Isovaleric acidemia
Dampak dari penyakit yang satu ini adalah kerusakan otak hingga kematian. Biasanya bahaya ini terjadi pada anak-anak yang disebabkan oleh adanya mutasi genetik. Akibatnya tubuh akan mengalami kekurangan enzim isovaleric yang bertugas dalam memecah asam amino leusin. Sama halnya dengan asam amino metionin, asam amino ini juga dapat menyebabkan bau yang tidak sedap jika tidak dipecah dengan benar melalui proses metabolisme dalam tubuh.

Penyakit penyakit tersebut membutuhkan penanganan medis yang tepat untuk agar tidak memicu bahaya yang lebih serius. Selain itu, penanganan yang tepat dapat membantu Anda menghilangkan bau ketiak alami. Jika penyebabnya berhasil diatasi, maka masalah bau ketiak juga akan hilang sendiri.

menghilangkan bau ketiak alami

Ramuan Tradisional Penghilang Bau Ketiak

Ada beberapa cara mengatasi bau ketiak, salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan tradisional. Untuk menghilangkan bau ketiak alami perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu. Meskipun dapat diatasi dengan ramuan tradisional, namun Anda juga perlu menyesuaikan dengan penyebabnya. Pasalnya jika penyebab bau ketiak adalah penyakit tertentu, maka Anda mungkin akan membutuhkan lebih dari cara menghilangkan bau ketiak alami.

Ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau ketiak alami, yaitu:

• Daun sirih
• Daun beluntas
• Temulawak
• Jahe
• Bunga kecombrang
• Daun kemangi
• Jeruk nipis

Dan masih banyak lagi bahan lainnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau ketiak alami. Bahan-bahan tersebut sebaiknya digunakan sesuai dengan penyebab kondisi masalah bau ketiak yang Anda alami.

menghilangkan bau ketiak alami

Solusi Ampuh Menghilangkan Bau Ketiak

Penggunaan deodoran sekarang ini lebih diminati untuk mengatasi bau ketiak. Pasalnya cara alami selain membutuhkan usaha dan waktu yang lama, juga belum tentu ampuh. Untuk itu, konsultasikan segala macam cara menghilangkan bau ketiak alami yang akan Anda gunakan terlebih dahulu dengan dokter. Sedangkan untuk cara medis menggunakan obat, dapat dilakukan dengan menggunakan obat dari dokter. datang saja langsung ke klinik kami di Klinik Utama Sentosa. Reservasi pemeriksaan dapat dilakukan melalui nomor 081366657878.

203360cookie-checkDapatkah Menghilangkan Bau Ketiak Alami?

Bagikan Artikel ini :

  • tombol share ke instagram