Cara Mengatasi Bau Ketiak Berlebih dan Menyengat

cara mengatasi bau ketiak berlebih

Punya masalah bau ketiak? Simak cara mengatasi bau ketiak berlebih yang mengganggu. Ketiak yang bau adalah masalah yang sangat menjengkelkan. Pasalnya kita jadi kurang percaya diri jika berada di keramaian. Apalagi jika bau ketiak disertai dengan ketiak basah dan lengket, pasti rasanya tidak nyaman. Begitu pula dengan orang yang disekitar kita, tentu akan merasa terganggu karena bau ketiak yang menyengat.

Bau ketiak tidak hanya disebabkan oleh aktivitas yang menyebabkan kita berkeringat saja. Bau ketika juga bisa jadi indikasi sedang mengalami penyakit tertentu. Ketika kita sakit, fungsi organ tubuh kita menjadi kurang maksimal. Selain itu, masalah metabolisme yang terganggu akibat gangguan kesehatan juga dapat menyebabkan zat sisa metabolisme tidak dapat dikeluarkan melalui buang air. Sebagai gantinya, tubuh akan membuang zat sisa yang tidak dapat terpecah tersebut melalui keringat. Hal ini dapat menyebabkan bau yang tidak sedap terutama pada bagian yang paling sering mengeluarkan keringat yaitu ketiak. Dan cara mengatasi bau ketiak berlebih dapat Anda simak pada informasi di bawah ini.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Mengapa Ketiak Berkeringat Lebih Mudah Bau?

Pada dasarnya kulit kita memiliki dua jenis kelenjar keringat, yaitu kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar keringat ekrin merupakan kelenjar keringat yang mengeluarkan keringat ringan dan tidak berbau. Kelenjar keringat ini terdapat di berbagai bagian tubuh. Sedangkan kelenjar keringat apokrin merupakan kelenjar keringat yang membuka ke arah folikel rambut. Kelenjar keringat ini biasanya terdapat pada bagian tubuh yang memiliki banyak folikel rambut seperti kulit kepala, selangkangan, dan juga ketiak. Keringat yang dikeluarkan melalui kelenjar keringat ini lebih berat dan berisiko menyebabkan bau. Itulah mengapa jika rambut, selangkangan dan ketiak mengeluarkan bau yang tidak sedap ketika berkeringat.

Bau akibat keringat yang keluar melalui kelenjar keringat yang bercampur dengan bakteri di kulit itulah yang kita kenal dengan bau badan. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan produksi keringat pada tubuh. Jika produksi keringat berlebih, maka bau badan akan lebih mudah muncul. Kurangnya menjaga kebersihan kulit juga dapat memicu berkembangnya bakteri di kulit dan dengan mudah menyebabkan bau jika terkena keringat. Salah satu cara mengatasi bau ketiak berlebih adalah dengan mejaga kebersihan tubuh terutama pada bagian ketiak.

cara mengatasi bau ketiak berlebih

Kenapa Ketiak Memiliki Bau Berlebih

Berkeringat merupakan proses pelepasan cairan dari kelenjar keringat yang tersebar di berbagai bagian tubuh. Anda dapat berkeringat karena berbagai kondisi. Kondisi tersebut di antaranya adalah perubahan suhu tubuh, suhu di lingkungan sekitarnya, serta keadaan emosional yang sedang Anda rasakan. Bagian tubuh yang paling sering berkeringat adalah wajah, leher, ketiak, telapak tangan, dan telapak kaki. Lebih jelasnya berikut adalah beberapa pemicu berkeringat yang menyebabkan ketiak memiliki bau berlebih. Bagaimanapun ketiak merupakan bagian tubuh yang paling mudah berkeringat, Jadi cara mengatasi bau ketiak berlebih dibutuhkan solusi yang tepat.

Perubahan Suhu Tubuh

Penyebab yang pertama adalah perubahan suhu tubuh entah itu saat panas maupun ketika lembab. Perubahan suhu di sekitar Anda juga dapat menyebabkan berkeringat. Berkeringat merupakan salah satu cara untuk mendinginkan tubuh. Ketika suhu pada tubuh Anda naik, maka jutaan kelenjar keringat yang ada di kulit Anda akan aktif dan mulai mengeluarkan keringat. Ketika keringat yang dikeluarkan tubuh menguap, maka tubuh Anda akan mengalami pendinginan. Proses berkeringat akibat perubahan tubuh ini tentunya tidak dapat dicegah karena hal tersebut merupakan kebutuhan tubuh Anda.

Makan Makanan yang Pedas atau Pedas

Ketika Anda makan makanan yang pedas maupun panas, maka hal tersebut dapat memicu keluarnya keringat dari pori-pori kulit. Selain itu, minuman berkafein juga dapat menyebabkan tubuh berkeringat. Begitu juga ketika Anda minum minuman beralkohol.

Faktor emosional

Ketika anda sedang gugup, stress, maupun takut, tubuh juga dapat berkeringat. Biasanya keringat akan muncul pada bagian telapak tangan maupun telapak kaki. Ketika Anda akan melakukan wawancara maupun pertunjukan biasanya Anda akan gugup dan berkeringat terutama di bagian telapak tangan maupun kaki.

Berolahraga

Suhu tubuh yang bertambah akibat berolahraga dapat menyebabkan kita berkeringat. Bagian yang berkeringat bisa juga sampai ke ketiak. Dan jika sehabis olahraga tubuh tidak dibersihkan, maka bau badan atau bau ketiak dapat terjadi.

Obat dan Penyakit

Jangan salah, bau ketiak yang berlebih tidak selalu menjadi hal yang normal. Apalagi jika bau ketiak menyengat dan sulit dihilangkan meski telah dilakukan cara mengatasi bau ketiak berlebih. Bisa jadi Anda berkeringat akibat faktor konsumsi obat maupun menderita penyakit tertentu. Penyakit seperti demam dan kanker merupakan salah satu penyebab tubuh lebih banyak berkeringat. Kebanyakan obat memiliki efek mengeluarkan keringat setelah dikonsumsi. Jadi, jika Anda berkeringat setelah meminum obat, maka hal tersebut adalah hal yang wajar. Yang tidak wajar adalah ketika aktivitas berkeringatnya bertambah meskipun telah menghentikan konsumsi obat. Bisa jadi berkeringat tersebut merupakan gejala kanker.

Ketika Anda mengalami bau ketiak berlebih akibat meningkatnya aktivitas berkeringat, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Sedangkan cara mengatasi bau ketiak berlebih adalah mengatasi penyebabnya. Jika memang penyebabnya adalah penyakit, maka lakukan pengobatan untuk penyakit tersebut. Tubuh berkeringat merupakan hal yang wajar terjadi, namun jika keringat yang dikeluarkan berlebih dan menyebabkan bau ketiak, itu artinya ada yang salah dengan kesehatan tubuh Anda. Lalu, bagaimana cara mengatasi bau ketiak berlebih yang disebabkan oleh penyumbatan kelenjar keringat? Maka segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mengatasi penyebabnya.

cara mengatasi bau ketiak berlebih

Tips Mengatasi Bau Pada Ketiak

Bau ketiak dapat diatasi dengan berbagai cara, mulai dari yang alami hingga dengan cara medis. Tentunya cara mengatasi bau ketiak berlebih tergantung pada penyebabnya. Lalu bagaimana cara mengetahui masalah bau keringat berlebih yang dapat menyebabkan bau ketiak? Caranya silahkan berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika penyebab ketiak bau adalah penyakit, maka Anda perlu segera mengobati penyakitnya. Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan keringat berlebih dan menyebabkan bau ketiak adalah penyakit kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit yang berisiko menyebabkan kematian. Untuk itu, jika Anda mengalami berkeringat berlebih hingga bau ketiak yang menyengat. Jangan remehkan. Segera konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan cara mengatasi bau ketiak berlebih.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Bau ketiak memang dapat diatasi dengan menggunakan deodoran, namun akan lebih baik jika Anda mengatasi penyebabnya, tidak hanya gejalanya saja. Jika ingin menghilangkan bau ketiak dengan cara alami, maka Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan seperti cuka apel, bunga rosemary, daun jambu biji, daun sirih, temulawak, daun kemangi, dan masih banyak lagi. Namun, jika penyebabnya adalah penyakit maka cara mengatasi bau ketiak berlebih adalah dengan menggunakan obat dari dokter. Obat yang diresepkan sesuai dengan kondisi akan membantu kita mengatasi bau ketiak lebih cepat an aman. Ingin konsultasi dengan dokter mengenai bau ketiak? Datang saja langsung ke Klinik Utama Sentosa. Bisa juga konsultasi lewat online di nomor 081366657878.

197480cookie-checkCara Mengatasi Bau Ketiak Berlebih dan Menyengat