Apa Saja Penyebab Ketiak Bau dan Basah?

penyebab ketiak bau dan basah

Penyebab ketiak bau dan basah bisa Anda ketahui setelah berkonsultasi bersama dokter ahli. Ketiak yang berbau menyengat bisa jadi disebabkan karena adanya pencampuran bakteri dengan keringat yang keluar. Keringat sendiri dihasilkan oleh dua kelenjar penting dalam tubuh, yakni akrin dan apokrin. Kelenjar akrin merupakan tempat dimana kelenjar bening dan tidak berbau dihasilkan sejak bayi. Sementara kelenjar apokrin biasanya berada pada bagian-bagian lipatan tubuh yang akan bereaksi ketika bercampur dengan bakteri.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Asal Usul Keringat Serta Penyebab Bau Ketiak

Penyebab ketiak bau dan basah disebabkan karena hasil dari kelenjar keringat. Keringat sendiri berasal dari kelenjar yang terdapat di kulit. Seperti yang sudah dijelaskan, kelenjar keringat apokrin dan ekrin. Kelenjar apokrin mengeluarkan cairan yang bersifat seperti susu. Cairan ini sering dikeluarkan ketika seseorang mengalami stres. Sementara kelenjar ekrin akan mengeluarkan keringat dengan komposisi garam dan air saat suhu tubuh meningkat.

Pada dasarnya, keluarnya keringat merupakan proses yang terjadi secara alami. Namun, jika keringat keluar secara berlebihan maka bisa jadi berkaitan dengan faktor ilmiah. Kebiasaan sehari-hari bisa mempengaruhi munculnya bau pada ketiak. Beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab bau ketiak dan basah di baju, antara lain:

  • Terlalu banyak merokok serta konsumsi alkohol

Tak hanya membahayakan kesehatan, rokok dan alkohol menjadi penyebab ketiak bau dan basah. Hal ini disebabkan karena asap rokok akan menempel di baju dan badan, sementara alkohol memiliki bau yang menyengat. Semakin sering seseorang merokok dan minum alkohol, maka akan semakin berbau pula keringatnya.

  • Menderita penyakit tertentu

Beberapa jenis penyakit yang bisa membuat tubuh memiliki bau ketiak lebih menyengat, salah satunya diabetes. Hal ini dikarenakan ketidakmampuan organ untuk bekerja secara sempurna. Karena itu, pola hidup sehat harus segera diterapkan agar terhindar dari kondisi tersebut.

  • Makanan yang dikonsumsi tubuh

Makanan yang berbau menyengat memang bisa meningkatkan selera makan. Namun, perlu diketahui jika beberapa makanan berbau menyengat ternyata bisa mempengaruhi badan ketiak. Contoh makanan tersebut, yakni bawang-bawangan, rempah-rempah, dan makanan cepat saji.

  • Berat badan yang berlebih

Jika Anda memiliki masalah pada berat badan, maka tubuh cenderung akan mudah merasa lelah ketika melakukan aktivitas. Alhasil, keringat akan keluar lebih banyak dibandingkan orang lain. Apabila kondisi ini tidak diimbangi dengan kebersihan bisa menjadi penyebab bau ketiak dan basah yang paling utama.

  • Mengalami stres berkepanjangan

Orang yang sedang stres ternyata bisa menghadapi masalah pada ketiaknya. Hal ini dikarenakan saat stres, tubuh menjadi tidak bisa bekerja dengan baik dan stabil. Stres juga bisa menyebabkan keringat lebih mudah keluar. Karena itu, jika mengalami stres berkepanjangan dapat meningkatkan penyebab bau ketiak dan basah.

penyebab ketiak bau dan basah

Beberapa Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Cara menghilangkan bau pada ketiak secara permanen bisa dilakukan setelah berkonsultasi bersama dokter ahli. Salah satu cara adalah memperhatikan kondisi usus karena memiliki peranan penting dalam menimbulkan bau pada badan dan ketiak. Beberapa penyebab bau ketiak dan basah tersebut bisa dihindari dengan melakukan hal-hal, seperti berikut ini:

  • Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.
  • Pilih sabun untuk mandi yang tepat.
  • Rajin melakukan olahraga.
  • Gunakan deodoran dan antiperspirant.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui penghilang bau ketiak lebih lanjut, lakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik spesialis yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan perawatan maksimal karena peralatan yang digunakan sudah canggih serta berteknologi modern.

Klinik Utama Sentosa memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai, seperti layanan konsultasi online. Melalui konsultasi ini, Anda akan mengetahui penyebab penyakit secara pasti dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda dapat berkonsultasi atau segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

209280cookie-checkApa Saja Penyebab Ketiak Bau dan Basah?