Ketahui Cara Mengobati Balanitis Yang Tepat

cara mengobati balanitis

Diperlukan cara mengobati balanitis agar peradangan pada penis dapat segera diatasi. Infeksi kulit yang disebabkan oleh adanya infeksi jamur dan bakteri merupakan penyebab utama dari balanitis ini. Balanitis termasuk penyakit yang umum dialami pria, meskipun bukan termasuk penyakit yang berbahaya, namun gejala yang muncul akibat balanitis ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Penderita penyakit ini terdiri dari berbagai usia, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa dapat menderita balanitis. Meskipun disebabkan oleh adanya infeksi jamur dan bakteri, namun adanya faktor tertentu membuat risiko balanitis terjadi lebih besar. Kurangnya menjaga kebersihan kelamin menjadi salah satu faktor yang menyebabkan adanya penyakit balanitis.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Faktor Penyebab Terjadinya Balanitis

Untuk mencegah terjadinya penyakit balanitis, sebaiknya Anda mengetahui apa saja faktor penyebab yang dapat meningkatkan risiko terjadinya balanitis serta bagaimana cara mengobati balanitis.

  • Infeksi jamus candida sp.

Dalam kulit manusia memang terdapat jamur, namun perkembangannya yang tidak normal membuat adanya balanitis ini.

  • Infeksi menular seksual

Mereka yang mengalami urethritis dan menularkan bakterinya kepada pasangannya dapat menyebabkan adanya penyakit balanitis. Selain itu, bakteri penyebab penyakit menular gonore, klamidia, maupun herpes kelamin dapat menyebabkan balanitis.

  • Iritasi akibat zat berbahaya

Ketika tangan terkena zat yang berbahaya, jangan lupa untuk membersihkan tangan sebelum menyentuh penis Anda.

  • Kurangnya menjaga kebersihan alat kelamin

Alat kelamin harusnya dibersihkan secara rutin, terutama setelah melakukan hubungan seksual, begitu juga pada bayi. Saat alat kelamin tidak dibersihkan dengan benar, maka infeksi bakteri akan lebih mudah terjadi.

Selain penyebab di atas, penyakit balanitis juga dapat terjadi akibat adanya kelainan pada kulit penis seperti psoriasis, eksim, maupun dermatitis kontak. Jika didukung adanya fimosis, diabetes, serta penis yang tidak disunat, seseorang akan lebih rentan terkena balanitis.

cara mengobati balanitis

Gejala Penyakit Balanitis

Ketika penyakit balanitis terjadi, maka akan muncul berbagai gejala seperti di bawah ini:

  • Penis terasa gatal dan perih serta berbau.
  • Terdapat nanah di bawah kulit penis atau kulup.
  • Rasa nyeri saat kencing.
  • Pembengkakan pada bagian kepala penis yang menyebabkan kemerahan.

Jika gejala seperti di atas muncul, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar gejalanya tidak berlanjut dan menyebabkan ketidaknyamanan. Jangan biarkan gejalanya terlalu lama jika Anda menemukannya pada orang di sekitar Anda maupun diri Anda sendiri. Pengobatan yang digunakan untuk penyakit balanitis ini juga harus mempertimbangkan penyebab balanitis itu sendiri. Jika balanitis terjadi pada anak-anak, biasanya hal ini dapat menyebabkan anak rewel karena pembengkakan yang terjadi pada penis. Cara mengobati balanitis pada anak-anak biasanya dibutuhkan.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Cara Mencegah Penyakit Balanitis

Meskipun bukan masalah yang serius, namun jika dibiarkan tanpa pengobatan, penyakit balanitis dapat menyebabkan berbagai gangguan dan ketidaknyamanan terutama yang berkaitan dengan aktivitas buang air kecil dan hubungan seksual pada pria dewasa. Agar tidak perlu menggunakan cara mengobati balanitis, maka sebaiknya kita ketahui bagaimana cara mencegah penyakit balanitis.

  • Rutin membersihkan penis dengan mengunakan sabun pembersih yang aman.
  • Mengeringkan penis setelah membersihkan dan sebelum memakai celana dalam.
  • Biasakan mencuci tangan setelah terkena zat berbahaya.
  • Menggunakan kondom saat berhubungan seksual.
  • Jika penyebab balanitis akibat obesitas, maka Anda perlu menurunkan berat badan Anda.
  • Khitan.

Selain mencegah penyakit balanitis dengan cara di atas, untuk mencegah bahaya balanitis diperlukan cara mengobati balanitis yang dilakukan segera setelah gejala balanitis mulai muncul. Jika gejalanya dibiarkan tanpa pengobatan, maka penderita balanitis dapat mengalami komplikasi seperti mual, letih, demam, ruam pada kulit, serta nyeri sendi. Jika sudah komplikasi, maka akan dibutuhkan cara mengobati balanitis lain untuk mengobati komplikasi yang dialami. Untuk informasi lebih lanjut mengenai balanitis ini, silahkan lakukan pemeriksaan dan konsultasi di Klinik Utama Sentosa. Bisa juga berkonsultasi dengan dokter kami di layanan hotline melalui nomor 081366657878.

77340cookie-checkKetahui Cara Mengobati Balanitis Yang Tepat