Cara Mengobati Balanitis Pada Pria Dewasa di Klinik

cara mengobati balanitis pada pria dewasa

Pembengkakan di penis? Simak cara mengobati balanitis pada pria dewasa. Balanitis merupakan masalah yang umum dialami oleh pria. Anak-anak maupun pria dewasa dapat mengalami masalah yang satu ini.

Balanitis ditandai dengan rasa sakit dan bengkak pada penis. Memang benar masalah ini masalah yang umum terjadi pada pria. Namun, bukan berarti Anda boleh mengabaikannya. Terlebih lagi gejalanya juga cukup mengganggu aktivitas. Pada anak-anak, bengkak di penis dapat menyebabkan anak rewel. Sedangkan pada pria dewasa, penis yang bengkak akan membuat aktivitas buang air kecil dan berhubungan seksual menjadi terganggu. Segera lakukan cara mengobati balanitis pada pria dewasa untuk mengatasi gejalanya.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Pengertian Balanitis

Balanitis merupakan kondisi dimana kepala penis mengalami pembengkakan. Gangguan penis bengkak biasanya dialami oleh pria yang belum atau tidak disunat. Biasanya kondisi ini dialami oleh anak-anak yang belum disunat yaitu yang berusia di bawah 4 tahun. Sedangkan pada Pria dewasa, pembengkakan pada penis dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Salah satu penyebabnya adalah gangguan yang menyerang kulit penis atau kulup.

Kulup merupakan kulit yang menutupi kepala penis. Pada orang yang sudah sunat, kulup ini dipotong sebagian sehingga membersihkan penis adalah hal yang lebih mudah. Adanya kotoran yang menempel di antara kulit penis dan penis juga dapat menyebabkan adanya pembengkakan pada penis. Yang dapat memicu terjadinya balanitis di antaranya adalah lichen planus, dermatitis, eksim, dan psoriasis, fimosis, dan masih banyak lagi. Cara mengobati balanitis pada dewasa akan membutuhkan cara yang berbeda karena pada anak-anak karena penyebabnya juga berbeda. pada dewasa, balanitis juga dapat disebabkan oleh penyakit yang disebabkan oleh infeksi menular seksual. Cara mengobati balanitis pada pria dewasa harus segera dilakukan agar tidak semakin parah.

cara mengobati balanitis pada pria dewasa

Apakah Balanitis Berbahaya?

Tergantung pada penyebabnya, balanitis dapat dikategorikan sebagai hal yang berbahaya. Pada pria dewasa, balanitis sebaiknya segera diatasi sebelum semakin parah peradangan yang terjadi dan memicu gangguan kesehatan lainnya. Untuk mengetahui seberapa bahayanya penyakit balanitis, mari kita ketahui apa saja penyebab dari balanitis ini.

• Infeksi jamur
Penyebab yang pertama adalah infeksi. Penyebab infeksi bisa jamur, bisa juga bakteri. Jamur yang dapat menyebabkan balanitis adalah jamur candida. Jamur candida ini ada banyak jenisnya. Jamur ini merupakan jamur yang sering menyebabkan infeksi di berbagai bagian tubuh. Saat infeksi jamur ini terjadi pada penis, maka gejala yang dirasakan adalah penis bengkak, sakit, serta iritasi.

• Infeksi bakteri
Selain jamur, infeksi bakteri juga dapat menyebabkan balanitis. Risiko bakteri dapat menyerang penis ketika penis tidak dibersihkan secara rutin. selain itu penggunaan sabun yang salah juga dapat memicu terjadinya balanitis.

• Fimosis
Faktor penyebab balanitis lainnya adalah fimosis atau kulup panjang. Gangguan ini sering dialami mereka yang belum atau tidak disunat. Saat masih anak-anak memang wajar jika kulup penis terlalu panjang dan tidak elastis. Namun, jika kulup tetap tidak elastis meski seiring bertambahnya umur, maka hal itu dapat menyebabkan masalah. Fimosis ditandai dengan kulit penis yang ketat dan tidak bisa ditarik ke belakang. Jika ditarik secara paksa, maka penis dapat mengalami iritasi dan bengkak dan membutuhkan cara mengobati balanitis pada pria dewasa yang intensif.

• Kondisi kulit
Penyebab selanjutnya dari penyakit balanitis adalah kondisi kulit seperti eksim, lichen planus, dermatitis, maupun psoriasis. Gejala yang dialami akibat kondisi kulit ini biasanya adalah kulit penis yang memerah dan meradang.

• Penyakit Diabetes
Orang yang menderita penyakit diabetes juga rawan mengalami balanitis. Kenapa? Karena glukosa yang terdapat dalam urine sangat berpotensi menyebabkan bakteri tumbuh di area penis. Cara mengobati balanitis yang disebabkan oleh penyakit diabetes adalah mengontrol kadar gula darah dalam tubuh agar tidak naik. Karena hal tersebut dapat memicu bakteri tumbuh di sekitar penis dan menyebabkan infeksi.

• Peradangan pada penis
Penyebab berikutnya adalah peradangan yang terjadi pada penis. Peradangan ini dapat disebabkan oleh penggunaan kondom maupun akibat menggunakan celana yang masih menyisakan deterjen. Penggunaan sabun mandi yang terbuat dari bahan yang dapat menyebabkan alergi juga dapat membuat penis mengalami peradangan. Cara mengobati balanitis pada pria dewasa akibat peradangan pada penis ini adalah dengan memilih sabun yang memiliki bahan yang aman bagi kulit penis. Selain itu, bilaslah celana dengan bersih saat mencuci untuk menghindari adanya deterjen yang tersisa.

• Penyakit Menular Seksual
Penyebab balanitis yang terakhir dan wajib diwaspadai adalah penyakit menular seksual. penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual. Selain menular, penyakit ini juga dapat menyebabkan gejala-gejala yang mengganggu aktivitas serta menimbulkan ketidaknyamanan. Contohnya adalah pembengkakan pada penis atau balanitis ini. Untuk cara mengobati balanitis pada pria dewasa karena penyebab ini, mengatasi bengkaknya saja tidak cukup. Anda Juga perlu mencegah agar penyakitnya tidak menular kepada pasangan maupun orang di sekitar Anda.

Jika Anda menemukan gejala penis membengkak atau memerah dan tidak sembuh dalam waktu sehari dua hari, maka segera hubungi dokter. Konsultasikan untuk mengetahui apa penyebab dari gangguan penis bengkak yang Anda alami. Menjaga kebersihan alat kelamin merupakan hal yang penting untuk dilakukan jika tidak ingin menderita penyakit balanitis. Segera lakukan cara mengobati balanitis pada pria dewasa.

cara mengobati balanitis pada pria dewasa

Bentuk Pengobatan untuk Balanitis

Meskipun balanitis bukanlah masalah yang serius, namun jika dibiarkan penyakit ini dapat memicu hal yang lebih berbahaya. Anda mungkin akan kesulitan dalam buang air kecil maupun berhubungan seksual jika gejala balanitis tidak kunjung sembuh. Untuk itu segera lakukan cara mengobati balanitis pada pria dewasa. Berikut ini beberapa metode untuk mengobati balanitis yang dapat Anda jadikan referensi:

• Obat antibiotik
Obat antibiotik dapat digunakan sebagai cara mengobati balanitis pada pria dewasa yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Ada banyak jenis obat antibiotik yang dijual di apotik, jadi sebaiknya Anda meminta resep dokter terlebih dahulu agar tidak salah membeli obat antibiotik. Jika Anda melakukan pengobatan di klinik, Anda akan diberikan obat yang sesuai untuk mengobati balanitis yang anda alami.

• Obat antijamur
Jika penyebabnya adalah infeksi jamur, maka obat yang dapat digunakan untuk mengobati balanitis adalah antijamur. Obat ini biasanya berbentuk tablet maupun krim.

• Kortikosteroid
Obat ini merupakan obat yang digunakan untuk meredakan peradangan pada balanitis yang terjadi akibat infeksi maupun alergi.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Selain ketiga obat diatas, Anda juga perlu melakukan perawatan yang tepat untuk penis yang bengkak. Sementara hentikan dulu mencuci penis dengan sabun, serta hindari memakai celana yang ketat agar tidak memperparah pembengkakannya. Jika penyebabnya adalah penyakit menular seksual, maka cara mengobati balanitis pada pria dewasa ini adalah dengan tidak berhubungan seksual dulu. Pasalnya aktivitas tersebut dapat menyebabkan penularan penyakit menular seksual. Penis yang bengkak juga akan sakit jika berhubungan seksual. Untuk mengetahui langkah tepat mencegah maupun mengatasi penis yang bengkak akibat balanitis, silahkan datang ke Klinik Utama Sentosa. Jika Anda memiliki kekhawatiran terkena balanitis apapun masalah kelamin lainnya silahkan hubungi dokter kami di nomor 081366657878.

200040cookie-checkCara Mengobati Balanitis Pada Pria Dewasa di Klinik