Benarkah Alat Kelamin Bengkak Pertanda Balanitis?

alat kelamin bengkak

Jika Anda memiliki alat kelamin bengkak, segera periksakan ke dokter karena bisa mengindikasikan balanitis. Balanitis merupakan peradangan yang terjadi pada kepala penis atau glans sehingga menyebabkan pembengkakan. Biasanya, seseorang yang belum disunat berisiko lebih tinggi terkena balanitis dibandingkan yang sudah.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Penyebab Serta Gejala Penyakit Balanitis

Alat kelamin bengkak disebabkan karena tidak menjaga kebersihan dengan baik, terutama yang belum disunat. Beberapa penyebab lain dari penyakit balanitis adalah bakteri atau infeksi jamur, infeksi saluran kemih, memiliki alergi, cedera atau trauma, penyakit menular seksual, berhubungan seksual yang tidak aman, dan kulit penis yang ketat. Karena beberapa penyebab itulah, gejala penyakit balanitis akan terlihat berupa:

  • Kemerahan dan pembengkakan di ujung kelamin atau kulit kulup.
  • Terasa nyeri dan kesulitan ketika buang air kecil.
  • Keluarnya kotoran atau smegma yang berbau tidak sedap.
  • Terdapat bintik merah pada kulit kepala kelamin atau glans.

Jika gejala sudah diketahui, pengobatan akan dilakukan oleh dokter namun dengan mencari diagnosis terlebih dahulu. Dengan adanya tanda balanitis seperti alat kelamin bengkak, dokter bisa langsung memberikan rekomendasi dan pengobatan standar kepada pasien. Metode diagnosis yang biasa dilakukan, antara lain:

  • Mengambil sampel untuk menentukan keberadaan mikroba yang menimbulkan infeksi atau inflamasi.
  • Melakukan pemeriksaan terhadap kadar gula dalam darah pada penderita diabetes yang mengalami balanitis.
  • Jika terjadi peradangan, pemeriksaan dilakukan dengan biospi pada kepala penis guna memeriksa striktur kulit.
  • Melakukan kultur mikroba dari sampel cairan infeksi balanitis guna menentukan penyebab penyakit.
  • Melakukan pemeriksaan serologi untuk penyakit sifilis serta pengecekan titer virus HPV dan HIV.
alat kelamin bengkak

Simak, Begini Pengobatan Pada Penyakit Balanitis

Jika alat kelamin bengkak dan tidak segera ditangani, komplikasi bisa muncul dan cukup berbahaya. Beberapa komplikasi akibat balanitis yang bisa menyebabkan masalah kesehatan lain, seperti nyeri pada sendi, ruam di bagian kulit, mulut terasa kering, pembengkakan pada kelenjar, tubuh mengalami demam, mual atau muntah, demam, dan mudah lelah atau letih.

Pengobatan terhadap alat kelamin bengkak biasanya dilakukan bergantung pada penyebabnya. Cara mengobati alat kelamin bengkak bisa diberikan obat hingga tindakan medis. Beberapa cara penanganan balanitis, antara lain:

  • Krim atau tablet antijamur, guna menangani balanitis akibat infeksi dari jamur.
  • Antibiotik, diakukan untuk mengobati balanitis yang diakibatkan oleh infeksi bakteri.
  • Khitan atau sunat, dilakukan untuk menangani balanitis yang terjadi secara berulang.

Selama masa penyembuhan alat kelamin bengkak, pencegahan harus pula disertai. Tindak pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk meredakan gejala balanitis, seperti menghindari penggunaan sabun pada alat kelamin, menggunakan air hangat untuk membersihkan organ kelamin, serta mandi dengan air asin.

>>>Konsultasi Lebih Lanjut Klik Disini<<<

Penanganan Balanitis Bersama Klinik Utama Sentosa

Penanganan terhadap alat kelamin bengkak dapat dilakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai macam penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, proses penyembuhan berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis canggih.

Klinik Utama Sentosa memberikan pelayanan medis terbaik dan maksimal sehingga pasien merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan. Sebelum melakukan penanganan penyakit, pasien dapat berkonsultasi secara gratis bersama staf medis berpengalaman di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.

164630cookie-checkBenarkah Alat Kelamin Bengkak Pertanda Balanitis?