Apa itu Balanitis?

apa itu balanitis

Balanitis adalah radang kelenjar alat vital pria dan kulit khatan yang meradang. Infeksi pada kemaluan pria dan kulup adalah masalah umum dikalangan pria. Dengan ruam merah yang gatal dan seperti menyengat. Infeksi ini tidak menular dan lebih seperti ruam. Balanitis hampir selalu mengenai kebersihan yang berlebih. Masalah seperti ini bisa mempengaruhi anak laki-laki bahkan pada bayi dan juga pria dewasa.

Apa Yang Menyebabkan Balanitis?

Reaksi terhadap kondisi lain yang mendasarinya. Sel kulit mati, air seni, flora kulit yang biasanya ada pada kulit terjebak oleh kulup yang tidak berfungsi normal. Hal seperti ini dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan kulit khatan dan kelenjar alat vital dibawahnya. Balanitis tidak disebabkan oleh infeksi dan tidak bisa diteruskan ke pasangan seksual.

Faktor Risiko Balanitis

  • Faktor risiko yang paling penting adalah diabetes mellitus.
  • Penggunaan perawatan oral.
  • Kebersihan yang buruk pada pria yang tidak sunat.
  • Imunosupresi.
  • Iritasi kimia atau fisik kelenjar.

Adanya rasa sakit dan pembengkakan alat vital pada bayi, kulit memerah dan menunjukkan tanda-tanda rasa sakit saat sedang tidur. Rasa sakit dan pembengkakan kadang disertai dengan sedikit pelepasan dan kulup yang kemungkinan telah mengencang dan menyebabkan iritasi pada bayi.

Bagaimana Balanitis Didiagnosis?

Meskipun balanitis kondisinya kemungkinan memerlukan perawatan yang khusus sebelum dibersihkan atau kemungkinan mengalami masalah yang mendasar yang lebih serius yang menyebabkan peradangan. Dokter akan membuat diagnosis berdasarkan penampilan kelenjar selama pemeriksaan alat vital.

Gejala lainnya yang muncul seperti gatal atau seberapa sering kemaluan dibersihkan. Iritasi kemungkinan dapat menyebabkan masalah atau ada riwayat eksim keluarga. Harus selalu menjaga kebersihan dan menghindari zat kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Harus dilakukan beberapa tes untuk menemukan penyebab balanitis untuk membantu menentukan perawatan yang tepat. Berbagai tes melibatkan:

  • Sel yang diambil bisa mengenali infeksi bakteri atau jamur.
  • Sampel urin untuk menyingkirkan diabetes.
  • Biopsi kulit meradang untuk mengidentifikasi penyebab peradangan
Bagaimana Cara Perawatan Balanitis?

Perawatan akan tergantung pada apa yang menjadi penyebabnya. Setiap pasangan seksual juga harus diobati dan disarankan untuk menghindari hubungan seks selama perawatan. Jika dokter mengindentifikasi penyebabnya peradangan maka harus melakukan pemeriksaan spesialis. Jika mengalami serangan balanitis berulang-ulang terutama jika memiliki kulup yang ketat maka satu pilihan yang dapat dipertimbangkan adalah dengan melakukan tindakan sunat itu jalan terakhirnya.

51390cookie-checkApa itu Balanitis?

Bagikan Artikel ini :

  • tombol share ke instagram